5 Manfaat Kalkulator Kehamilan yang Harus Diketahui

Kalkulator Kehamilan

Salah satu hal yang penting untuk diketahui oleh ibu hamil adalah usia kehamilannya. Namun, tidak semua ibu hamil mengetahui bagaimana cara untuk menghitung usia kehamilan dan juga hari perkiraan lahir janin yang sedang dikandung. Tenang saja, Ibu hamil tidak perlu khawatir karena saat ini sudah tersedia kalkulator kehamilan. Kalkulator ini bisa digunakan secara online dan memiliki banyak manfaat. Apa sajakah manfaatnya? Yuk, langsung saja simak penjelasannya dibawah ini.

5 Manfaat Kalkulator Kehamilan

1. Untuk Menghitung Usia Kehamilan

Pada umumnya, rata-rata usia kehamilan perempuan yaitu sekitar 38 minggu yang dihitung dari masa pembuahan. Namun, tidak semua perempuan menyadari jika di dalam tubuhnya sedang terjadi proses pembuahan. Masa pembuahan ini bisa dihitung dari hari kesatu haid terakhir.

Apabila Ibu hamil lupa hari pertama haid terakhir (HPHT) maka akan kesulitan dalam menentukan hari perkiraan lahir. Solusi dari masalah ini yaitu dengan menggunakan kalkulator kehamilan untuk menilai usia kehamilan dengan akurat.

2. Untuk Menghitung Hari Perkiraan Lahir (HPL)

Tidak hanya bisa digunakan untuk mengetahui usia kehamilan atau kesehatan ibu dan janin, kalkulator kehamilan juga bisa digunakan untuk menghitung hari perkiraan lahir (HPL). Mengetahui hari perkiraan lahir berarti Ibu hamil bisa mempersiapkan persalinan dengan sangat baik.

Sebenarnya ada cara lain untuk menentukan hari perkiraan lahir yaitu dengan menggunakan rumus Neagle, tetapi keberadaan kalkulator bisa menjadi solusi yang tepat jika Ibu hamil tidak bisa menghitungnya menggunakan rumus tersebut. 

3. Mengetahui Berat Badan Janin Sesuai dengan Usia Kandungan

Manfaat selanjutnya yaitu Ibu hamil bisa menggunakannya untuk mengetahui berat badan janin sesuai dengan usia kandungan sehingga proses kehamilan hingga persalinan bisa berjalan dengan lancar. Saat sedang mengandung, ibu hamil diharuskan untuk mengkonsumsi makanan yang bernutrisi dan bergizi tinggi untuk mencukupi asupan yang dibutuhkan oleh janin dalam kandungan. Memahami berat badan janin akan membuat ibu hamil menjadi lebih cepat memahami asupan maupun nutrisi apa saja yang dibutuhkan untuk proses pertumbuhan janin secara lebih cermat.

4. Membantu Memperkirakan Kenaikan Berat Badan yang Normal

Kalkulator kehamilan ini ternyata juga bisa membantu ibu hamil dalam memperkirakan eskalasi berat badan normal selama masa kehamilan. Pada umumnya, ibu hamil akan mengalami eskalasi berat badan sebanyak 1-2 kilogram pada tiga bulan trimester pertama. Selanjutnya, ibu hamil akan mengalami eskalasi berat badan sebanyak 0,5 setiap minggunya.

Mengetahui berat badan ibu hamil merupakan satu hal yang sangat penting. Alasannya untuk menghindarkan ibu hamil supaya tidak kelebihan berat badan atau overweight. Perlu diketahui melahirkan dengan kondisi berat badan berlebihan dapat menyebabkan risiko tekanan darah tinggi atau diabetes.

5. Untuk Mengetahui Akhir dan Awal Trimester

Masa kehamilan akan membawa perubahan yang lumayan besar bagi perempuan. Perubahan tersebut biasanya terjadi pada suasana hati dan juga perubahan jasmani. Tubuh yang melar serta emosi yang naik turun akan membuat ibu hamil menjadi lebih sensitif.

Setiap trimester kehamilan akan membawa pengaruh yang berbeda-beda.  Maka dari itu, mengetahui kapan mula dan akhir dari satu fase trimester kehamilan akan membuat ibu hamil bisa mengantisipasi apa yang harus dilakukan ketika terjadi perubahan-perubahan pada trimester kehamilan berikutnya, Tentu ini akan membantu ibu hamil menjadi lebih stabil dalam mengelola perubahan emosi maupun badan.

Itulah 5 manfaat kalkulator kehamilan yang harus diketahui. Pada dasarnya, manfaat dari kalkulator kehamilan adalah untuk membantu dan memudahkan ibu hamil dalam urusan perkiraan kehamilan dan kesehatan janin yang dikandungnya. Dengan begitu, proses kehamilan bisa berjalan lancar dan sehat.