Beranda Kesehatan Pentingnya Peran Psikolog Untuk Kesehatan Mental Generasi Milenial

Pentingnya Peran Psikolog Untuk Kesehatan Mental Generasi Milenial

pentingnya peran psikolog untuk kesehatan mental generasi milenial
peran psikolog untuk kesehatan mental generasi milenial

Gangguan kesehatan mental dapat terjadi pada otak manusia yang menyebabkan penderita berpikir, bertindak dan emosi di luar sewajarnya.

Kesehatan mental yang terganggu dapat mempengaruhi aktivitas sehari-hari penderita dan orang-orang terdekatnya, tanpa mengenal usia, jenis kelamin, agama, dan status sosial termasuk generasi milenial saat ini.

Karenanya diperlukan peran psikolog untuk kesehatan mental, agar seseorang bisa mendapatkan penanganan yang tepat sesuai gangguan yang diderita.

Peran Psikolog Untuk Kesehatan Mental Kaum Milenial

pentingnya peran psikolog untuk kesehatan mental generasi milenial
peran psikolog untuk kesehatan mental generasi milenial

Psikolog adalah sebutan bagi seseorang yang memiliki pemahaman dan penguasaan terhadap ilmu psikologi.

Dengan ilmu tersebut, psikolog mampu melihat dan menganalisis seperti apa perilaku dan pola pikir seseorang.

Seseorang yang memiliki kesehatan mental yang rentan terhadap gangguan sangat membutuhkan psikolog untuk membantunya menyelesaikan permasalahan tersebut.

Psikolog akan memberikan solusi terbaik supaya penderita bisa hidup normal dengan kesehatan mental yang stabil.

Berikut ini beberapa peran psikolog yang wajib diketahui:

1. Membantu Untuk Mengidentifikasi Pemicu Kemunculan Gangguan Kesehatan Mental

Mengenai kesehatan mental banyak orang yang tidak tahu bagaimana cara penanganannya.

Untuk itu diperlukan psikolog yang bisa mengidentifikasi penyebab kemunculan penyakit dan diagnosis kondisi kesehatan mental penderita tersebut.

Kesehatan mental bisa dipelajari dan ada penjelasan jelasnya. Sebab seringkali manusia menginginkan sebuah penjelasan dibandingkan hanya menerima dengan lapang dada saja.

Perlu diketahui juga jika ada banyak sekali penyebab gangguan kesehatan mental yang dialami oleh seseorang.

Beberapa faktor pemicu gangguan mental pada diri seseorang di antaranya:

  • Mengalami trauma singkat maupun berkepanjangan.
  • Pernah mendapatkan penolakan dan pengucilan dari keluarga, teman dan masyarakat.
  • Faktor ekonomi yang sulit.
  • Memiliki gangguan kepribadian tertutup.
  • Konsumsi obat-obatan terlarang seperti narkoba.
  • Menanggungnya fungsi otak karena cedera.

Di sinilah peran psikolog untuk membantu praktisi kesehatan lain menentukan faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kemunculan kondisi mental penderita.

Sehingga penyebab munculnya gangguan pada kesehatan mental bisa diketahui dengan tepat.

2. Memberikan Dukungan

peran psikolog untuk kesehatan mental kaum milenial
peran psikolog untuk kesehatan mental kaum milenial

Sampai sekarang orang yang mengalami kesehatan mental cenderung dijauhi oleh lingkungan masyarakat bahkan keluarganya sendiri.

Padahal, penderita yang memiliki gangguan kesehatan mental tidak boleh dibiarkan sendiri karena semakin membuat mereka menderita.

Mereka memerlukan dukungan dari orang terdekatnya untuk bisa bangkit.

Sama halnya dengan penyakit fisik yang perlu mendapatkan perhatian dan perawatan yang tepat.

Peran psikolog untuk kesehatan mental sangat diperlukan. Psikolog memperlakukan penderita sebaik mungkin tanpa menyinggung, mengejek, dan menjauhinya.

Hal ini membuat mereka merasa lebih baik karena mereka menyadari bahwa mereka tidak sendiri.

Perlakuan yang baik tersebut akan membantu mereka dalam masa pemulihan mental.

3. Mengurangi Pandangan Negatif Terhadap Para Penderita Gangguan Mental

Pandangan negatif dari masyarakat bahwa gangguan kesehatan mental merupakan seorang yang berbahaya semakin mempersulit penderita untuk dapat menerima penanganan yang sesuai dan menghambat proses adaptasi penderita.

Berbagai kondisi tersebut malah semakin membuat penderita terisolasi sehingga para penderita merasa tidak layak untuk hidup dan memilih jalan pintas dengan melukai diri sendiri bahkan bunuh diri.

Di sini, psikolog berperan untuk menyadarkan kita sebagai sesama manusia agar menyadari dan mampu menerima bahwa para penderita kesehatan mental juga merupakan seorang yang layak untuk mendapatkan perhatian dan penanganan yang sesuai.

4. Menemukan Metode Penyembuhan yang Tepat

peran psikolog bagi kesehatan mental generasi milenial
peran psikolog bagi kesehatan mental generasi milenial

Menemukan metode yang tepat untuk menangani mereka yang mengalami kesehatan mental merupakan tugas psikolog. Jika diingat memang gangguan mental akan sulit untuk disembuhkan.

Namun dengan bantuan psikolog setidaknya mereka mendapatkan terapi yang tepat untuk memulihkan kesehatan mental, salah satunya dengan psikoterapi.

Psikoterapi adalah terapi bicara yang memberikan media yang aman untuk penderita dalam mengungkapkan perasaan yang sedang dirasakan.

Psikolog akan memberikan bantuan dengan membimbing penderita dalam mengontrol perasaan.

Kapan sih Harus ke Dokter?

Jika keluarga atau diri sendiri menunjukkan gejala-gejala kesehatan mental secara terus-menerus yang tidak kunjung membaik.

Maka sebaiknya harus segera konsultasi atau memeriksakan ke dokter spesialis jiwa atau psikiater agar mendapatkan pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut.

Oleh karena itu, dengan adanya Halodoc Simplifying Healthcare, kita bisa langsung berkonsultasi kepada psikiater tanpa sulit dan bisa dilakukan melalui aplikasi Halodoc Konsultasi Dokter lewat smartphone.

Bila ingin melakukan pemeriksaan langsung kepada dokter spesialis jiwa / psikiater Halodoc, Kamu bisa langsung membuat janji dengan dokter di rumah sakit pilihan kamu pada link berikut https://www.halodoc.com/rumah-sakit.

Itulah peran Psikolog untuk kesehatan mental generasi milenial yang perlu diketahui.

Dengan memahami peran penting ini, semoga sudah tidak ada lagi kata takut untuk mengunjungi psikolog apabila dirasa memang membutuhkan pertolongan demi kesehatan mental yang lebih baik.

6 KOMENTAR

  1. Nah, stigma negatif ini nih yang sering bikin pasien yang butuh pertolongan akhirnya mundur. Edukasi mengenai kesehatan mental dan penanganannya harus dimulai sejak dini sepertinya, ya. Biar kesadaran masyarakat lebih baik lagi terhadap pasien dengan gangguan kesehatan mental

  2. Kalau dulu kita generalisasi gangguan jiwa dengan term Kesehatan Mental. Tapi dengan memperoleh informasi, kita bisa kalo Kesehatan Mental itu ternyata hal yang lebih spesifik

  3. Menjaga kesehatan mental sama saja menjaga kesehatan fisik. Begitupun sebaliknya, ketika mental tidak stabil atau sedang ada gejolak, tak akan lama fisik akan jatuh sakit. So, mari berfikir positif, tenang dalam menghadapi sagala hal, jangan mudah panik, sering bersyukur serta perbanyak doa dan berserah diri.

  4. Disaat pandemi seperti ini, konsultasi online menjadi alternatif semua orang di dunia ini. Terganggunya kesehatan mental memang sangat fatal ditengah wabah ini, perlu psikolog untuk mengatasi ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here